Unit Kegiatan Mahasiswa

Dalam rangka mengembangkan soft skills, UNPAR mendukung berkembangnya organisasi kemahasiswaan di UNPAR melalui sejumlah dana penggerak lembaga kemahasiswaan dan anggaran kegiatan ko-kurikuler serta pembinaan mahasiswa. Mahasiswa UNPAR telah menyatakan diri bersatu dalam suatu wadah yaitu Persatuan Mahasiswa (PM) UNPAR yang memiliki suatu Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM), dan Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM), yang anggota dan Presidennya setiap tahun dipilih langsung oleh mahasiswa.

Pada setiap program studi, mahasiswa otomatis menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) terkait. Eksistensi himpunan mahasiswa adalah untuk melayani keperluan mahasiswa, terutama di bidang studinya.

LKM mengkoordinasi para himpunan mahasiswa, dan juga beberapa puluh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yang keanggotaannya bersifat aktif  (artinya, mahasiswa perlu secara aktif mendaftarkan diri, jika ingin menjadi anggota UKM). Tujuan UKM adalah menyediakan sarana pengembangan minat serta bakat ekstra-kurikuler mahasiswa, seperti kesenian, kebudayaan, olahraga, bela diri dan sebagainya.

Mahasiswa secara sukarela aktif ikut serta dalam kegiatan kemahasiswaan, untuk meningkatkan kemampuan tanpa menganggu kelancaran pembelajaran akademiknya. Kegiatan kemahasiswaan memberikan wawasan dalam hal leadership, melatih kemandirian mahasiswa dan sekaligus membuka peluang dalam pergaulan dimana para mahasiswa melatih keterbukaan dalam kemajemukan baik ras, iman dan kebudayaan.

Website Unit Kegiatan Mahasiswa