Kunjungan ACCA Indonesia dan Head of Learning Emerging Market Asia

Rabu (15/11), Program Studi Akuntansi (Prodi Akuntansi) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menerima kunjungan Head of the Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) Indonesia Conny Siahaan, Head of Learning Emerging Market Asia Branson Kwok, dan Business Relationship Manager ACCA Indonesia Andika Wardana. Pada pertemuan tersebut dibahas mengenai kelanjutan proses akreditasi oleh ACCA dan rencana penyelenggaraan kelas Advanced Diploma.

Kepada tim Publikasi Unpar, Amelia Limijaya, SE., M.Acc.Fin Sekretaris Prodi Akuntansi Unpar mengatakan, “Untuk (kelas) advanced diploma masih rencana. Perlu dilakukan akreditasi kurikulum oleh ACCA”. Saat ini, tambahnya, masih dalam proses. Prodi Akuntansi tengah menyusun kurikulum baru terkait program tersebut.

Pada akhir Agustus lalu, Fakultas Ekonomi Unpar menyelenggarakan acara seremonial atas penghargaan “ACCA Accredited Program” yang diraih Prodi Akuntansi.

Sejak September 2016, Unpar resmi menjadi pusat tes (test center) berlisensi ACCA pertama di Bandung. Pusat tes ini terbuka untuk umum sehingga mahasiswa non-Unpar yang ingin memperoleh sertifikasi dapat melakukan ujian di Unpar.

Unpar memenuhi standar fasilitas dan persyaratan penyelenggaran ujian berbasis komputer (computer-based exams) ACCA yang meliputi minimal lebar-pita (bandwidth), spesifikasi komputer, jarak antar komputer, pengawas ujian (exam invigilator), dan lainnya. Unpar mengakomodasi ujian ACCA berbasis komputer yang merupakan bagian dari program peningkatan kapasitas staf Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang didanai Kedutaan Besar Inggris melalui program “Prosperity Fund” pada November 2016 lalu.

Sejak beberapa tahun terakhir, sejumlah asosiasi profesi internasional mulai masuk ke Indonesia, dan salah satunya adalah ACCA yang berpusat di London, Inggris. Sertifikasi profesi dari asosiasi internasional ini umumnya diminati para profesional, akan tetapi mahasiswa di Indonesia sudah mulai mengambil sertifikasi ini sejak menjajaki bangku kuliah untuk meningkatkan daya saing.

Pada Januari 2018 mendatang, Prodi Akuntansi Unpar akan menyelenggarakan kelas diploma untuk batch II. Adapun, kelas batch I sudah terealisasi pada Januari 2017. “Kelas diploma, direncanakan (akan diadakan) pada Januari 2018 (untuk) batch II”, jelas Amelia.