Kuliah Umum “Green Value Chain dan Water Accounting”

Program Studi S1 Akuntansi telah menyelenggarakan kuliah umum pada tanggal 3 November 2017. Bertempat di Ruang audio visual, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Katolik Parahyangan. Kuliah umum dihadiri oleh mahasiswa yang menempuh mata kuliah Akuntansi Manajemen, Akuntansi Manajemen Lanjut, Manajemen Biaya Strategis, Seminar Akuntansi Manajemen, dan Topik Khusus Akuntansi Manajemen dan beberapa dosen dari Program Studi S1 Akuntansi.

Moderator pada acara kuliah umum ini, yaitu Ibu Juniati Gunawan, PhD (Universitas Trisakti). Pada sesi pertama, pemaparan dengan topik Green Value Chain oleh Dr.Koh Niak Wu (Singapore Management University). Topik ini membahas mengenai upaya mempertahankan going concern tidak hanya ditempuh dengan berfokus pada pencapaian kinerja ekonomi yang baik, tetapi perusahaan juga harus menjaga pelestarian lingkungan, hal ini dilakukan dengan cara memperhatikan aspek pelestarian lingkungan pada supply chain.

Sesi kedua, dipaparkan oleh Prof.Lorne Cummings (Associate Dean, Higher Degree Reasearch Faculty of Business and Economic- Macquarie University dengan topik Water accounting. Topik ini membahas mengenai dampak perubahan kondisi lingkungan dimana keberadaan air sebagai salah satu sumber daya alam yang sangat vital menjadi semakin langka. Salah satu penyebab kelangkaan air adalah kurang baiknya pengelolaan air. Dalam menanggapi issue tersebut, Water Accounting Standards Board WASB mencetuskan konsep water accountingWater accounting merupakan suatu proses untuk mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan informasi berkaitan dengan sumber daya air, yang bertujuan agar perusahaan dapat melakukan pengelolaan air dengan lebih bertanggungjawab.