Fakultas Ekonomi UNPAR Sambut Keluarga Baru

Di tahun ajaran baru ini Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menerima sebanyak 2.492 mahasiswa baru. 553 orang di antaranya adalah mahasiswa baru yang bergabung dengan keluarga besar Fakultas Ekonomi UNPAR.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Inisiasi dan Adaptasi (SIAP) juga kembali digelar di tahun 2018 ini. Selain untuk menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019, SIAP UNPAR juga dilaksanakan untuk mengenalkan dunia perkuliahan dan segala sistem yang ada di dalamnya yang tentunya berbeda dengan dunia sekolah menengah atas.

Masa orientasi mahasiswa baru UNPAR digelar selama empat hari. Acara ini diawali dengan penyambutan dan pembukaan oleh Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D pada Senin (6/8). Di hari pertama tersebut mahasiswa baru dikenalkan pada Spiritualitas dan Nilai-Nilai Dasar UNPAR (SINDU) serta wawasan Kebangsaan. Kemudian selama dua hari berturut-turut SIAP dilaksanakan di tingkat fakultas.

Di Fakultas Ekonomi (FE), SIAP dilaksanakan di Gedung 9 dan Student Park. Dalam dua hari pelaksanaannya, SIAP FE diisi dengan kegiatan-kegiatan pengenalan kampus, sistem perkuliahan, penilaian, kurikulum, pengenalan dosen, dan masih banyak lagi. Orientasi fakultas yang diisi oleh jajaran dekanat dan dosen-dosen di masing-masing program studi sebagian besar dilakukan secara serius dan terkesan formal. Sementara kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Student Park yang dikoordinasi oleh panitia mahasiswa lebih bersifat fun dan tidak terlalu menegangkan. Acara diisi dengan banyak games team building dan sesekali senam untuk menjaga semangat mahasiswa baru tetap tinggi.

Mewakili Dekan Fakultas Ekonomi, Tanto Kurnia, ST., MA. M.Ak. (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) secara resmi menutup rangkaian SIAP FE 2018 pada Rabu sore (8/8). Selain mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung terlaksananya SIAP FE 2018, beliau juga menyatakan bahwa para mahasiswa baru telah resmi masuk dalam keluarga besar Fakultas Ekonomi karena telah menyelesaikan masa orientasi di fakultas.

9 Agustus 2018 menjadi hari terakhir masa orientasi mahasiswa di UNPAR. Mahasiswa baru kembali mengikuti orientasi di tingkat universitas. Pada hari terakhir ini, fokus utama dari acara orientasi adalah membakar semangat para mahasiswa baru dengan berbagai cara yang salah satunya adalah orasi dari mentor (mahasiswa) dan fasilitator. Menjelang sore, Mangadar Situmorang Ph.D selaku Rektor UNPAR secara resmi menutup seluruh rangkaian SIAP UNPAR 2018. Dengan pelepasan balon oleh panitia dan pukulan gong oleh Rektor, SIAP tahun ini pun ditutup.