CREATION

Setelah waktu revisi proposal berakhir, kegiatan kemudian berlanjut ke tahap seleksi delapan besar. Seleksi ini dilakukan secara tertutup dan penilaian dilakukan oleh 3 juri yaitu Bapak Fernando Mulia, S.E., M.Kom., Ibu Hilda Lumongga Siregar, S.I.Kom., dan Ibu Anastasia Damayanti Tjahja, S.IP. Penilaian oleh ketiga juri tersebut dilakukan mulai dari tanggal 2 April 2017 sampai dengan 7 April 2017. Pada 8 April 2017 sudah terpilih finalis 8 besar CREATION 2017 yang akan melaju menuju seleksi tahap kedua. Delapan finalis tersebut adalah team Mahatma dengan nama produk Kolaka, team Wucan dengan nama produk Murfunk, team Senja Kala dengan nama produk Senja Kala, team Lavagna dengan nama produk Lavagna, team Major Habit dengan nama produk Major Habit, team Alpha dengan nama produk Patchnesia, team Ink dengan nama produk Ink, dan team Bebea dengan nama produk Kalung Parfum. Kedelapan finalis tersebut kemudian akan diwajibkan untuk membuat prototype produk mereka yang kemudian akan dipresentasikan pada tahap kedua.

Pada tanggal 22 April 2017 diadakan entrepreneurship expedition ke Floating Market Lembang. Di Floating Market Lembang ini, peserta dipertemukan dengan pemilik Floating Market yaitu Bapak Perry Tristianto. Agenda pertama entrepreneurship expedition ini adalah talk show mengenai perjalanan menjadi seorang entrepreneur dari Bapak Perry yang bertempat di Joglo Jaya Giri. Setelah mendengarkan talk show kemudian Bapak Perry mengajak peserta untuk mengelilingi Floating Market Lembang dan sesekali bercerita tentang ide pengembangan Floating Market. Setelah berkeliling, kemudian Bapak Perry mengajak peserta menikmati sajian yang dijual di pasar terapung yang ada di Floating Market. Perjalanan entrepreneurship expedition berakhir di Joglo Jaya Giri dengan pemberian plakat untuk Bapak Perry. Agenda kemudian berlanjut dengan perjalanan menuju Hotel Novotel yang menjadi tempat bagi peserta untuk makan malam dan technical meeting untuk acara esok hari. Makan malam dimulai jam 18:35 dan setelah makan malam, technical meeting dilaksanakan pada jam 19:40. Technical meeting dimulai dengan pemaparan peraturan yang harus dipatuhi oleh peserta pada esok hari yang kemudian dilanjutkan dengan pengajuan pertanyaan dari peserta. Setelah semua pertanyaan terjawab, acara dilanjutkan dengan pengambilan undian urutan presentasi. Acara pada 22 April 2017 berakhir pada jam 21:00.

Pada puncak acara dari CREATION 2017 adalah tanggal 23 April 2017 di ruang Voltaire Hotel Novotel. Acara dimulai dengan pengumpulan materi presentasi peserta sampai dengan jam 07:45. Kemudian peserta dipersilakan untuk menikmati sarapan yang sudah disiapkan. Acara kemudian dilanjutkan dengan opening ceremony CREATION 2017 pada jam 09:00. Setelah opening ceremony, acara dilanjutkan dengan presentasi produk dari peserta sampai dengan jam 15:30. Peserta kemudian dipersilakan kembali untuk menikmati coffee break sambil melihat fashion show prototype yang sudah mereka buat. Pengumuman tiga besar dan pemenang people’s choice dilakukan pada jam 16:30. Juara satu CREATION 2017 dimenangkan oleh WUCAN TEAM dengan nama produk Murfunk. Untuk juara kedua CREATION 2017 dimenangkan oleh team MAJOR HABIT dengan nama produk Major Habit, serta untuk juara ketiga dimenangkan oleh team LAVAGNA dengan nama produk Lavagna. Sedangkan untuk penerima juara People’s Choice dimenangkan oleh team BEBEA.

 

 

X