Akuntansi UNPAR Meraih Juara 1 dan Best Category Dalam National Accounting Student Conference 2017

Tim Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang diwakili oleh Silvia Widjaja, Aryatanto Deo Ekaputra Dharmadhipatya, dan Kevin Budiarto berhasil meraih Juara Pertama dan Best Category untuk sub kategori Akuntansi Berbasis Lingkungan dalam National Accounting Student Conference (NASC) 2017 yang diadakan oleh Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta pada tanggal 27-28 Oktober 2017. Kompetisi tingkat nasional ini diikuti oleh 10 tim dari berbagai universitas di seluruh Indonesia yang telah lolos dari babak seleksi abstrak.

Dalam kompetisi karya tulis bertema “Masa Depan Akuntansi di Indonesia Tahun 2020” terdapat tiga sub kategori yang disediakan dari pihak penyelenggara. Sub kategori tersebut adalah Akuntansi Berbasis Lingkungan, Akuntansi Berbasis Teknologi, dan Akuntansi Berbasis Sektor Publik. Mereka memilih sub kategori Akuntansi Berbasis Lingkungan untuk mencari solusi atas salah satu topik pembahasan dunia saat ini atas kerusakan lingkungan yang marak terjadi. Solusi tersebut dituangkan dalam sebuah karya tulis berjudul “Realignment (Reconstruction of Environmental Accounting to Enlighten Indonesia’s Grand Improvement): Optimalisasi Penerapan Environmental Accounting di Indonesia.”

Tahap pertama yaitu presentasi dan tanya jawab dari karya tulis yang dibuat untuk menentukan Best Category untuk setiap sub kategori. Tahap kedua adalah konferensi mahasiswa tingkat nasional yang mengacu pada tema utama yaitu “Masa Depan Akuntansi di Indonesia Tahun 2020”. Pada tahap ini, setiap peserta diberikan 5 issues dunia yang sedang terjadi dan diberikan 10 pertanyaan untuk dijawab dan ditanggapi oleh 10 tim yang ada. Dari hasil karya tulis dan presentasi, Unpar meraih Best Category untuk sub kategori Akuntansi Berbasis Lingkungan. Akumulasi nilai presentasi, karya tulis, dan konferensi menjadi penentu juara 1-3 dan tim Unpar berhasil meraih Juara Pertama.

Keberhasilan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa Unpar untuk semakin termotivasi mengharumkan nama baik Unpar dalam kompetisi karya tulis dan konferensi mahasiswa tingkat nasional, khususnya Program Studi S1 Akuntansi Unpar yang dapat selalu mempertahankan eksistensinya sebagai salah satu Program Studi Akuntansi terbaik di Indonesia.